Cara Pemberian Kapsul Vitamin A

a. Dosis kapsul vitamin A untuk bayi dan anak : Satu kapsul vitamin A biru dengan dosis 100.000 UI diberikan kepada seluruh bayi berusia 6-11 bulan, kapsul vitamin A berwarna merah dengan dosis 200.000 UI untuk seluruh balita usia 12-59 bulan , dan anak usia 5-12 tahun . Kapsul vitamin A dosis tinggi aman diberikan dengan jarak minimal satu bulan . walaupun demikian, bila ternyata anak mengkonsumsi kapsul vitamin A dengan selang waktu kurang waktu satu bulan, segera laporkan pada petugas kesehatan .

b. Dosis kapsul vitamin A untuk ibu nifas perlu mendapatkan dua kapsul vitamin A berwarna merah dengan dosis 200.000 UI. Pemberian kapsul pertama diberikan segerah setelah melahirkan, dan kapsul kedua dengan selang waktu minimal 24 jam, tidak lebih dari 6 minggu setelah melahirkan.

JENIS KAPSUL VITAMIN A

a. Kapsul vitam A biru dengan dosis 100.000 UI. (30.000 ug retinol) hanya diberikan untuk bayi usia 6-11 bulan. Dengan kebutuhan 400 ug perhari maka setiap pemberin akan memenuhi 2-3 bulan kedepn.

b. Kapsul vitamin A merah dosis 200.000 UI (60.000 ug rtinol) hanya diberikan anak balita dan ibu nifas. Kebutuhan vitamin A yang banyak (kelebihan) ini dapat disimpan dihati. Dengan kebutuhan 500 ug perhari maka setiap pemberian akan memenuhi kebutuhan vitamin A 5-6 bulan kedepan.

Biasanya pemberian Kapsul/tablet vit. A untuk bayi-balita secara rutin bersamaan diberikan di bulan Februari dan Agustus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s