#Gelas Bening Part.2 Malam Jum’at

garden-339230_960_720

doc. https://pixabay.com/en/garden-at-night-lantern-fence-339230/

Suasana pedesaan terasa kental disini.

“Yasiin.. walqur’anil hakim… ”

Dari kejauhan, lamat-lamat terdengar suara ibu-ibu mengaji~membaca Surat Yasin yang sering dilakukan di malam jum’at, rutin sebulan sekali untuk mendoakan orang-orang/keluarga yang telah meninggal~.Tidak semua orang rutin mengadakan pengajian Yasin seperti ini, apalagi melihat ini kota besar~terlepas dari bid’ah atau tidak penulis tidak membahas akan hal itu.

Jam menunjukkan pukul 20.30 WIB, sudah malam juga pikirku. Aku asyik menata buku dan laporan pekerjaan yang berserakan di meja dan kasurku.

“Bagaimana kubisa tidur, jika semua laporan ini menutupi kasur mungilku?” nadaku dengan sedikit senewen.

Selesai berberes, tetiba terdengar seseorang memanggilku dari luar kost. Kubuka dan kusapa salam cerianya. Oh, tetangga sebelah kiri kontrakan ingin bermain ke tempatku. Ibu Kuswatun namanya~aku pun baru mengetahui namanya akhir2 ini, padahal sudah semenjak bulan november aku berkenalan dengannya~ atau kubisa memanggilnya ibu Kus atau ibu saja.

Ia bukan orang yang senang bercerita tapi ia tak menyukai kesepian. Ia sangat tertutup bagiku~kita sering menyebut introvert~ tidak pernah bicara jika aku tidak bertanya.

“Aah, macam mana pula ia, situ yang main kesini kok malah and yang repot harus mulai ngajak ngobrol.”, pikirku Salam hati.

Dalam hati sebenarnya aku sangat lelah sekali dan ingin segera memejam mata. Mengingat seharian ini aku sudah berkeliling seharian dari jam 6 pagi sampai 7 malam ke puskesmas di liar kota. Yah, aku bekerja sebagai koordinator lapangan, sekalian supervisor dan enumerator. Pelik ya pekerjaan ini. Siapa sangka bidan sepertiku, berkutat pada pendataan, itung-itung punya pengalaman statistika. Kadang input data kadang analisa data, ya diolah semampu dan sebisaku pakai ilmu otodidak dan sedikit sok tahu. Tidak hanya itu, sebagai bidan promosi kesehatan pun ku jalani. Di pekerjaanku kali ini tak luput pula ku memberikan edukasi mengenai 1000HPK. Dipikir-pikir sebelas-duabelas dengan jurusan kesehatan masyarakat. Aah sudahlah, semua kulakukan demi pengalaman, demi bergaul dengan masyarakat, demi gaji #eh~bukan prioritas~, yang utama adalah demi mimpi dan cita-citaku.

Apalah daya kunjungan Ibu Kus ke kamarku tak mungkin kuabaikan. Ia berniat baik ingin bermain~walau entahlah apakah ada tujuan lain dibalik itu~, mencari keramaian karena bosan di kosan sendiri katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s